Sari, Dhiyah Novita (2017) EVALUASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI SEKOLAH DENGAN KERANGKA KERJACOBITQUICKSTAR DI SMK AT TAQWA MUHAMMADIYAH MIRI. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
Abstract
Laporan skripsi dengan judul Evaluasi Sistem Informasi Administrasi Sekolah dengan Kerangka Kerja Cobit Quickstart di SMK At Taqwa Muhammadiyah Miri.. SMK At Taqwa Muhammadiyah Miri adalah salah satu lembaga pendidikan dimana lembaga ini berbasis pondok pesantren. Untuk membantu kinerja administrasi sekolah SMK At Taqwa sudah menerapkan Teknologi informasi yaitu Sistem informasi Administrasi My Sister. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan oleh penulis bahwa sekolah menginginkan untuk meningkatkan kinerja sistem tersebut sesuai dengan standar, efisien dan efektifitas.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka harus dilakukan evalusi terhadap sistem, Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Cobit Quickstart dan model tingkat kematangan yang bertujuan untuk memperoleh data kondisi aktual pada domain AI (Pemeliharaan Infrastruktur TI) pada Proses AI3, DS(mengelola data) pada proses DS11 dan ME (Mengawasi dan mengevalusi kinerja TI) pada Proses ME1 dengan mempertimbangkan nilai indek kematangan (maturity model) pada 6 atribut kematangan yaitu: Awareness and Communication (AC),Policies, Standards and Procedures (PSP), Tools and Automation (TA), Skill and Expertise (SE). Responsibilities and Accountabilities (RA), Goal Setting and Measurement (GSM). Hasilnya adalah nilai kematangan atribut terdapat nilai terendah pada ME1.6 sebanyak 1,50 pada atribut Perangkat dan otomatisasi (Tools and Automation) dan berada pada indeks kematangan level 1 Initial/ad Hot. Nilai kematangan atribut tertinggi terdapat pada DS11.1, DS11.2 , DS11.4 dan DS11.5 sebanyak 4,00 pada atribut kepedulian dan komunikasi (awareness and communication)dan pada atribut (Skill and Expertise),(Goal Setting and Measurement) dengan nilai kematangan atribut 4,00 dan indeks kematangan pada level 4 (Manage and measurable). Kematangan Control Control Objective nilai kematangan keseluruhan berada pada Level 4 yaitu managed and measurable dengan rata-rata 3,75. Maka direkomendasikan kepada Manajemen informasi (kepala IT) yang ada disekolah hendaknya melakukan pengawasan serta menentukan prosedur-prosedur untuk menjamin bahwa aplikasi dapat mengintegrasi data, Dalam penggelolaan data harus dilakukan verifikasi data sehingga dalam penggelolaan data lebih akurat dan Harus diadakannya pelatihan dan penjadwalan kerja untuk admin guna mengurangi resiko Human error pada saat aplikasi dijalannkan.
Actions (login required)