SANTOSO, BUDI (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN WILAYAH POTENSIAL PEMASARAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA PT. HM SAMPOERNA SOLO. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
Abstract
Laporan skripsi dengan judul Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wilayah Potensial Pemasaran Produk Menggunakan Metode K-Means Pada PT. HM Sampoerna Solo, Studi Kasus : PT. HM Sampoerna Solo telah dilaksanakan pada tanggal 03 Maret 2016 – April 2017. Tujuan skripsi ini adalah untuk membuat sistem pendukung keputusan penentuan wilayah potensial pemasaran produk menggunakan metode K-Means pada PT. HM Sampoerna Solo dan aplikasi sistem pendukung keputusan yang telah dibuat untuk memudahkan menyelesaikan permasalahan pemasaran produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode pengumpulan data dan metode analisa data. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan metode analisa data dilakukan dengan cara data yang diperoleh akan digambarkan sesuai keadaan yang sebenarnya, diteliti, dipelajari dan diproses sebagai bahan untuk membuat program. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Wilayah Potensial Pemasaran Produk Menggunakan Metode K-Means Pada PT. HM Sampoerna Solo menggunakan program aplikasi Microsoft Visual Basic Net 2005 dan database SQL Server. Hasil analisa data pada PT. HM Sampoerna Solo dibangun sistem aplikasi pendukung keputusan penentuan wilayah potensial dengan desain Usecase sistem, desain input output, desain database, desain teknologi, petunjuk menjalankan program. Program sistem penunjang keputusan penentuan wilayah potensial yang telah dibuat mempunyai fasilitas kriteria, input Data wilayah, pemasaran, Proses Perhitungan, hasil. Dari data inputan tersebut akan menghasilkan laporan data kriteria dan laporan wilayah, laporan pemasaran, Laporan hasil.
Actions (login required)