Saputra, Rachmat Dwi (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SROYO DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo merupakan sekolah tingkat dasar yang berbasis Agama Islam di Sroyo. Setiap tahunnya menyelenggarakan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru. Dari tahun ketahun mengalami peningkatan, untuk tahun 2015 calon siswa yang mendaftar 187 calon siswa, sedangkan tahun 2016 ada 208 calon siswa. Dalam melakukan proses penerimaan siswa baru, ada beberapa kriteria yang telah ditentukan diantaranya Umur, Alamat, Tes Akademik dan Tes Psikologi. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) yang mampu memilih calon siswa yang akan diterima. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mempermudah dalam seleksi calon siswa yang mendaftar di Madrasah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, metode studi pustaka dan metode observasi. Secara umum aplikasi ini berfungsi untuk memberikan alternatif keputusan untuk menentukan penerimaan siswa baru menggunakan metode simple additive weighting (SAW), metode ini digunakan karena dalam metode ini input data riil dapat langsung dimasukkan kedalam perhitungan SPK. Hasil perhitungan dengan metode simple additive weighting lalu dirangking. Hasil dari penelitian ini adalah dapat dibuat aplikasi penerimaan siswa baru di MI Negeri Sroyo. Adapun aplikasi yang di buat maka dapat disajikan informasi terdiri dari inputan yang meliputi: input data alternatif, input kriteria, input sub kriteria. Output yang disajikan pada apliksi ini adalah Laporan hasil seleksi penerimaan siswa baru. Berdasarkan pengujian validitasnya system pendukung keputusan ini mendapatkan nilai keakuratanya sebesar 100%, sehingga dapat dikatakan bahwa Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan cukup menjadi alternatif solusi, sebagai alat bantu Penerimaan Siswa di MI Negeri Sroyo.
Actions (login required)