Sinus Repository

APLIKASI PENJURUSAN SMA NEGERI 1 SENDAWAR ENGGUNAKAN METODE FUZZY-MAMDANI

Penansius, Penansius (2014) APLIKASI PENJURUSAN SMA NEGERI 1 SENDAWAR ENGGUNAKAN METODE FUZZY-MAMDANI. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

[img]
Preview
PDF (08.5.00036 BAB I) - Published Version
Download (34Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (08.5.00036 BAB II) - Published Version
    Download (859Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (08.5.00036 BAB III ) - Published Version
      Download (91Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (08.5.00036 BAB IV) - Published Version
        Download (1368Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF (08.5.00036 BAB VI) - Published Version
          Download (8Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF (08.5.00036 COVER) - Published Version
            Download (105Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF (08.5.00036 DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
              Download (16Kb) | Preview

                Abstract

                Laporan Skripsi dengan judul Aplikasi Penjurusan SMA Negeri 1 Sendawar Menggunakan Metode Fuzzy-Mamdani telah dilaksanakan bulan Juni 2013. Tujuan Skripsi ini untuk membuat desain metode penentuan jurusan dengan metode Fuzzy. Membuat aplikasi penjurusan siswa SMA Negeri 1 Sendawar. Yang menjadi obyek penelitian dalam hal ini adalah nilai IPA, nilai IPS, minat, IQ dan kapasitas kelas yang berkaitan dengan prosses penentuan jurusan. Metode yang di gunakan dalam menentukan jurusan siswa menggunakan MetodeFuzzy dan Metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi, metode analisis sistem dengan diagram Context, HIPO, DAD, desain database dengan ERD, implementasi program dengan Delphi 7 dan database mysql yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi untuk memperoleh data yang tepat dan akurat demi kesempurnaan sistem yang dibuat. Kriteria penentuan jurusan ini meliputi nilai IPA, nilai IPS, minat, IQ dan kapasitas kelas. Dengan memanfaatkan keberadaan teknologi komputer, maka sekolah dalam menentukan jurusan dapat menentukanya dengan alternatif yang cepat, mudah, dan murah. Dalam menentukan jurusan terdapat 5 kriteria meliputi nilai IPA, nilai IPS, minat, IQ dan kapasitas kelas yang di terapkan menggunakan metode Fuzzy dan menghasilkan derajat keanggotaan yang nantinya akan digunakan dalam penghitungan menentukan jurusan. Penghitungan dilakukan dengan menghitung seluruh data siswa secara otomatis yang diambil dari nilai tiap siswa kemudian diurutkan sesuai dengan besar nilai atau bobot yang dimiliki setiap siswa. Setelah mendapat hasil nya maka disesuaikan dengan rules untuk menentukan jurusan yang sesuai. Untuk pindah kelas difasilitasi dengan pemindahan secara barter. Dari pengujian yang dilakukan, terdapat 10 data sampel yang di jadikan data uji dalam menentukan validasi sistem dan diperoleh nilai keakuratan dari sistem sebesar 100%.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
                Divisions: Faculty of Informatics Engineering > Department of Informatics Engineering
                Depositing User: Novi Oppik Budi
                Date Deposited: 26 Feb 2018 15:16
                Last Modified: 26 Feb 2018 15:16
                URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/285

                Actions (login required)

                View Item