Sinus Repository

Pengelompokan Tingkat Keamanan Wilayah Jawa Tengah berdasarkan Indeks Kejahatan dan Jumlah Pos Keamanan dengan Metode Klastering K-Means

Retno Tri Vulandari, rtv and Hendro Wijayanto, HW (2016) Pengelompokan Tingkat Keamanan Wilayah Jawa Tengah berdasarkan Indeks Kejahatan dan Jumlah Pos Keamanan dengan Metode Klastering K-Means. STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

[img] PDF
Download (819Kb)

    Abstract

    Tingkat keamanan di Jawa Tengah menurun tetapi untuk masing-masing daerah tidak demikian. Berdasarkan indeks kejahatan dan jumlah pos keamanan di setiap wilayah kepolisian Jawa Tengah. Data ini digunakan untuk mengelompokkan dua wilayah di Jawa Tengah, yaitu tingkat keamanan yang baik dan tingkat keamanan yang buruk. Metode K-Means clustering adalah metode yang digunakan untuk mengklasifikasikan data berdasarkan beberapa atribut. Metode K-Means clustering adalah metode yang digunakan untuk mengklasifikasikan data berdasarkan beberapa atribut. Dalam penelitian ini, akan diterapkan pada metode K-Means dengan pusat awal acak. Ini berasal dari dua daerah kepolisian yang menggambarkan tingkat keamanan yang baik dan buruk. Rumusan masalah adalah mengetahui daerah dengan tingkat keamanan baik dan buruk di Jawa Tengah. Berdasarkan hasil, ada 8 area dengan tingkat keamanan yang baik dan 27 area dengan tingkat keamanan yang buruk.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Faculty of Informatics Engineering > Diploma in Informatics Engineering
    Depositing User: Retno Retno Tri Vulandari
    Date Deposited: 06 Feb 2021 11:28
    Last Modified: 06 Feb 2021 11:28
    URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/765

    Actions (login required)

    View Item