Sinus Repository

AUDIT SISTEM INFORMASI I-POS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (STUDI KASUS PT POS INDONESIA KANTOR PEMERIKSA BOYOLALI)

Purnamasari, Dewi (2017) AUDIT SISTEM INFORMASI I-POS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (STUDI KASUS PT POS INDONESIA KANTOR PEMERIKSA BOYOLALI). Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

[img]
Preview
PDF (13.4.00050 BAB I ) - Published Version
Download (271Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (13.4.00050 BAB II) - Published Version
    Download (483Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (13.4.00050 BAB III) - Published Version
      Download (292Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (13.4.00050 BAB IV) - Published Version
        Download (865Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF (13.4.00050 BAB VI ) - Published Version
          Download (88Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF (13.4.00050 COVER ) - Published Version
            Download (41Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF (13.4.00050 DAFTAR PUSTAKA ) - Published Version
              Download (87Kb) | Preview

                Abstract

                PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pemeriksa (KPRK) Boyolali adalah cabang pos area regional Semarang yang bergerak dibidang layanan jasa pos. Dalam penerapannya PT Pos Indonesia memanfaatkan peranan teknologi informasi untuk kegiatan operasional. I-POS merupakan salah satu sistem informasi yang digunakan PT Pos Indonesia untuk sistem layanan jasa pengiriman barang (package) serta surat (mail), sistem ini sangat berperan penting dalam operasional perusahaan. Akan tetapi beberapa kendala timbul dalam sistem layanan I-POS diantaranya data barkode yang tidak sesuai dengan resi pengiriman. Sehingga perlu adanya tata kelola teknologi informasi (TI) pada manajemen terhadap sistem layanan IPOS yang mengacu pada standar IT Governance internasional yaitu menggunakan framework COBIT (Control Objectives For Information And Related Technology). Framework COBIT yang digunakan adalah versi 4.1, dengan fokus domain yang diteliti DS (Delivery and Support) sub domainnya DS10 (Manage Problems) dan DS11 (Manage Data). Perolehan data yang akan diolah diambil dengan metode wawancara, kuesioner, analisis audit framework COBIT 4.1. Hasil analisis data menunjukkan bahwa manajemen masalah dan data pada PT Pos Indonesia Kantor Pemeriksa Boyolali sudah berjalan baik yaitu pada tingkat kematangan rata-rata pada level 3 (Defined). Namun pelaksanaan manajemen masih belum terorganisir secara formal dan konsisten. Untuk itu rekomendasi perbaikan dari temuan analisis tingkat kematangan tersebut yaitu instansi harus bertindak tegas dengan membuat standar khusus berupa SOP (Standar Operasional Prosedur) yang diberikan sebagai acuan kepada penanggungjawab dan pihak yang berkaitan dengan manajemen masalah dan data.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
                Divisions: Faculty of Information Systems > Department of Information Systems
                Depositing User: Unnamed user with email diyah@sinus.ac.id
                Date Deposited: 19 Feb 2018 18:49
                Last Modified: 19 Feb 2018 18:49
                URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/64

                Actions (login required)

                View Item