Purnamasari, Dewi (2017) AUDIT SISTEM INFORMASI I-POS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (STUDI KASUS PT POS INDONESIA KANTOR PEMERIKSA BOYOLALI). Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
Abstract
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pemeriksa (KPRK) Boyolali adalah cabang pos area regional Semarang yang bergerak dibidang layanan jasa pos. Dalam penerapannya PT Pos Indonesia memanfaatkan peranan teknologi informasi untuk kegiatan operasional. I-POS merupakan salah satu sistem informasi yang digunakan PT Pos Indonesia untuk sistem layanan jasa pengiriman barang (package) serta surat (mail), sistem ini sangat berperan penting dalam operasional perusahaan. Akan tetapi beberapa kendala timbul dalam sistem layanan I-POS diantaranya data barkode yang tidak sesuai dengan resi pengiriman. Sehingga perlu adanya tata kelola teknologi informasi (TI) pada manajemen terhadap sistem layanan IPOS yang mengacu pada standar IT Governance internasional yaitu menggunakan framework COBIT (Control Objectives For Information And Related Technology). Framework COBIT yang digunakan adalah versi 4.1, dengan fokus domain yang diteliti DS (Delivery and Support) sub domainnya DS10 (Manage Problems) dan DS11 (Manage Data). Perolehan data yang akan diolah diambil dengan metode wawancara, kuesioner, analisis audit framework COBIT 4.1. Hasil analisis data menunjukkan bahwa manajemen masalah dan data pada PT Pos Indonesia Kantor Pemeriksa Boyolali sudah berjalan baik yaitu pada tingkat kematangan rata-rata pada level 3 (Defined). Namun pelaksanaan manajemen masih belum terorganisir secara formal dan konsisten. Untuk itu rekomendasi perbaikan dari temuan analisis tingkat kematangan tersebut yaitu instansi harus bertindak tegas dengan membuat standar khusus berupa SOP (Standar Operasional Prosedur) yang diberikan sebagai acuan kepada penanggungjawab dan pihak yang berkaitan dengan manajemen masalah dan data.
Actions (login required)