Sinus Repository

Path Analisis Technology Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning

Saptomo, Wawan Laksito Yuly and Rimawati, Elistya (2020) Path Analisis Technology Acceptance Model pada Penerapan Blended Learning. Jurnal Sains dan Informatika. ISSN 2598-5841 (Submitted)

[img]
Preview
PDF (Submited Artikel) - Submitted Version
Download (774Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (Profil Jurnal & Screenshot proses submited ) - Other
    Download (386Kb) | Preview

      Abstract

      Model pembelajaran Blended Learning adalah sistem yang mengkolaborasikan pembelajaran tatap muka kelas dengan pembelajaran online memanfaatkan E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan dan perilaku peserta didik terhadap teknologi dari model pembelajaran Blended Learning. Variabel yang dikembangkan merujuk pada Technology Acceptance Model (TAM), yaitu model penerimaan pengguna terhadap sistem informasi. Model TAM dikembangkan dari teori psikologis yang menjelaskan bahwa perilaku pengguna sistem berlandaskan pada kepercayaan, sikap, keinginan, dan hubungan perilaku pengguna. Data yang diperoleh dianalisis hubungan struktur variabel dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil Analisa PLS dan Boostraping diperoleh nilai Pengaruh Langsung, Pengaruh Tidak Langsung, dan Pengaruh tidak langsung sesuai jalur spesifikasi melalui variabel intervening (Spesific Indirect Efect).

      Item Type: Article
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Q Science > Q Science (General)
      Divisions: Institution documents
      Depositing User: Wawan LY Saptomo
      Date Deposited: 11 Aug 2020 17:42
      Last Modified: 11 Aug 2020 17:42
      URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/493

      Actions (login required)

      View Item