Sinus Repository

IMPLEMENTASI METODE K-NEAREST NEIGHBOUR UNTUK MENENTUKAN JENIS GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK

Mursyid, Mursyid (2015) IMPLEMENTASI METODE K-NEAREST NEIGHBOUR UNTUK MENENTUKAN JENIS GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

[img]
Preview
PDF (10.5.00042 BAB I) - Published Version
Download (152Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (10.5.00042 BAB II) - Published Version
    Download (364Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (10.5.00042 BAB III) - Published Version
      Download (113Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (10.5.00042 BAB IV) - Published Version
        Download (105Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF (10.5.00042 BAB VI) - Published Version
          Download (7Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF (10.5.00042 COVER) - Published Version
            Download (657Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF (10.5.00042 DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
              Download (67Kb) | Preview

                Abstract

                Masa anak merupakan masa emas mempersiapkan seorang individu menghadapi tuntutan jaman sesuai potensinya. Gangguan perkembangan masa anak yang potensial terjadi pada usia anak dibawah 12 tahun. Masalah perkembangan anak mengakibatkan kekhawatiran orang tua menyangkut ke-normal-an dari perkembangan atau gangguan emosional pada anak mereka. Faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya pemahaman dan pengawasan lebih terhadap tumbuh kembang anak. Banyak orang tua yang tidak mengetahui gejala gejala gangguan perkembangan pada anaknya, sehingga berasumsi bahwa anaknya normal-normal saja. Untuk menghadapi masalah tersebut perlu dibuat sebuah sistem untuk memudahkan orang tua mengetahui jenis gangguan perkembangan anaknya dengan konsultasi melalui aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode K-Nearest Neighbour (K-NN) untuk menentukan jenis gangguan perkembangan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara pakar, observasi, dan studi literatur. Proses dimulai dari pencarian kriteria dan membuat data training dengan mengambil hasil observasi di SLB YSD Polokarto Sukoharjo. Langkah selanjutnya adalah perhitungan metode K-Nearest Neighbour (K-NN) yang memberikan hasil dari gangguan perkembangan anak. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi website interface yang berisi diagnosa dan saran bagi orang tua. Hasil pengujian keakuratan data K-Nearest Neighbour dengan akurasi pengujian hingga 85%.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
                Divisions: Faculty of Informatics Engineering > Department of Informatics Engineering
                Depositing User: Novi Oppik Budi
                Date Deposited: 02 Mar 2018 15:17
                Last Modified: 05 Aug 2020 18:19
                URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/410

                Actions (login required)

                View Item