Prastya, Cindy Yuli (2017) PENENTUAN BARANG LAKU DAN TIDAK LAKU PT CARTENZ INDONESIA AREA JAWA TENGAH MENGGUNAKAN K – MEANS CLUSTERING DAN HAMMING DISTANCE. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
Abstract
Dalam menentukan barang laku dan tidak laku dalam sebuah penjualan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam hal ini masalah yang dihadapi adalah menentukan barang yang laku dan tidak laku dalam sebuah perusahaan agar hasilnya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memproduksi barang dan menentukan strategi marketing. Penghitungan yang dilkakukan pada penelitian ini menggunakan metode K-Means Clustering dan Hamming Distance. Data yang berbentuk non-numerik akan dihitung untuk menentukkan apakah barang tersebut tergolong barang yang laku di pasaran atau tidak. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah laporan data penjualan yang dapat melaporkan barang laku dan tidak laku disetiap cabang. Dari hasil sistem tersebut dilakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi Tanagra. Hasil dari aplikasi Tanagra dan sistem memiliki kesamaan, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem dapat berjalan sempurna
Actions (login required)