Sinus Repository

APLIKASI MENENTUKAN KECENDERUNGAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS ANDROID

Erwindasari , Anggita Rendy (2017) APLIKASI MENENTUKAN KECENDERUNGAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS ANDROID. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

[img]
Preview
PDF (11.5.00090 BAB I ) - Published Version
Download (260Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (11.5.00090 BAB II) - Published Version
    Download (310Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (11.5.00090 BAB III) - Published Version
      Download (208Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (11.5.00090 BAB IV ) - Published Version
        Download (1300Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF (11.5.00090 COVER ) - Published Version
          Download (851Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF (11.5.00090 BAB VI ) - Published Version
            Download (169Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF (11.5.00090 DAFTAR PUSTAKA ) - Published Version
              Download (86Kb) | Preview

                Abstract

                Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 12 ayat 1b menyatakan bahwa “setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya.” Dengan adanya kemampuan siswa akan lebih mudah dalam mempelajari setiap materi yang diajarkan. Tetapi setiap anak pasti memiliki kemampuan belajar yang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Kemampuan belajar itu sendiri adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Salah satu cara untuk mengetahui kecenderungan kemampuan belajar anak adalah dengan melakukan tes yang berisikan subtes-subtes yang mendukung penentuan hasil. Dibantu dengan adanya keberadaan smartphone dengan berbagai fitur canggih sehingga dapat mememuhi kebutuhan informasi secra real time. Salah satunya adalah Android, platform paling popular bagi pengembang untuk memanfaatkan Android sebagai dasar pembuatan proyek aplikasi. Tujuan dari skripsi ini adalah membuat aplikasi penentuan kemampuan belajar pada anak sekolah dasar berbasis mobile Android sesuai dengan sasaran dengan penerapan metode fuzzy Tsukamoto, dimana hasil psikotes diharapkan dapat membantu orang tua untuk mengarahkan anaknya sesuai kemampuan belajar yang dimiliki. Metode pengumpulan data yaitu secara observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan mengambil data subtes dan berbagai pertanyaan serta data berbagai kemampuan yang menjadi variabel input dan output. Hasil pengujian sistem yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, hasil pengujian dengan mengunakan blackbox sudah sesuai harapan. Pengujian validitas menghasilkan akurasi 76,67% dan pengujian kelayakan menghasilkan rata-rata 4,14 sehingga disimpulkan bahwa aplikasi ini berada pada kategori bagus.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
                Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
                Divisions: Faculty of Informatics Engineering > Department of Informatics Engineering
                Depositing User: Unnamed user with email diyah@sinus.ac.id
                Date Deposited: 01 Mar 2018 16:45
                Last Modified: 01 Mar 2018 16:45
                URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/393

                Actions (login required)

                View Item