Erwindasari , Anggita Rendy (2017) APLIKASI MENENTUKAN KECENDERUNGAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS ANDROID. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.
| PDF (11.5.00090 BAB I ) - Published Version Download (260Kb) | Preview | |
| PDF (11.5.00090 BAB II) - Published Version Download (310Kb) | Preview | |
| PDF (11.5.00090 BAB III) - Published Version Download (208Kb) | Preview | |
| PDF (11.5.00090 BAB IV ) - Published Version Download (1300Kb) | Preview | |
| PDF (11.5.00090 COVER ) - Published Version Download (851Kb) | Preview | |
| PDF (11.5.00090 BAB VI ) - Published Version Download (169Kb) | Preview | |
| PDF (11.5.00090 DAFTAR PUSTAKA ) - Published Version Download (86Kb) | Preview |
Abstract
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 12 ayat 1b menyatakan bahwa “setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat, minat, dan kemampuannya.” Dengan adanya kemampuan siswa akan lebih mudah dalam mempelajari setiap materi yang diajarkan. Tetapi setiap anak pasti memiliki kemampuan belajar yang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Kemampuan belajar itu sendiri adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal itu mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Salah satu cara untuk mengetahui kecenderungan kemampuan belajar anak adalah dengan melakukan tes yang berisikan subtes-subtes yang mendukung penentuan hasil. Dibantu dengan adanya keberadaan smartphone dengan berbagai fitur canggih sehingga dapat mememuhi kebutuhan informasi secra real time. Salah satunya adalah Android, platform paling popular bagi pengembang untuk memanfaatkan Android sebagai dasar pembuatan proyek aplikasi. Tujuan dari skripsi ini adalah membuat aplikasi penentuan kemampuan belajar pada anak sekolah dasar berbasis mobile Android sesuai dengan sasaran dengan penerapan metode fuzzy Tsukamoto, dimana hasil psikotes diharapkan dapat membantu orang tua untuk mengarahkan anaknya sesuai kemampuan belajar yang dimiliki. Metode pengumpulan data yaitu secara observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan mengambil data subtes dan berbagai pertanyaan serta data berbagai kemampuan yang menjadi variabel input dan output. Hasil pengujian sistem yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, hasil pengujian dengan mengunakan blackbox sudah sesuai harapan. Pengujian validitas menghasilkan akurasi 76,67% dan pengujian kelayakan menghasilkan rata-rata 4,14 sehingga disimpulkan bahwa aplikasi ini berada pada kategori bagus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Informatics Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | Unnamed user with email diyah@sinus.ac.id |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 16:45 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 16:45 |
URI: | http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/393 |
Actions (login required)
View Item |