Sinus Repository

MENGUKUR POTENSI SISWA DALAM MEMILIH JURUSAN MELALUI TES POTENSI AKADEMIK PADA SMA N 1 TANGEN KAB. SRAGEN

Widodo, Dedi Kusno (2011) MENGUKUR POTENSI SISWA DALAM MEMILIH JURUSAN MELALUI TES POTENSI AKADEMIK PADA SMA N 1 TANGEN KAB. SRAGEN. Other thesis, STMIK Sinar Nusantara Surakarta.

[img]
Preview
PDF (08.4.10064 BAB I) - Published Version
Download (15Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (08.4.10064 BAB II) - Published Version
    Download (29Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF (08.4.10064 BAB III) - Published Version
      Download (14Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (08.4.10064 BAB IV) - Published Version
        Download (61Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF (08.4.10064 BAB VI) - Published Version
          Download (4Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF (08.4.10064 COVER) - Published Version
            Download (53Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF (08.4.10064 DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
              Download (5Kb) | Preview

                Abstract

                Laporan Skripsi dengan judul “MENGUKUR POTENSI SISWA DALAM MEMILIH JURUSAN MELALUI TES POTENSI AKADEMIK PADA SMA N 1 TANGEN KAB. SRAGEN” telah dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 30 September 2011. Tujuan Skkripsi ini Untuk memprediksi potensi siswa yang ada di Instansi Sekolah tersebut, sehingga dapat diidentifikasi Jurusan apa yang sesuai untuk siswa yang bersangkutan. Karena Kecenderungan yang terjadi saat ini, banyak siswa yang tidak tahu minat dan bakatnya serta akan memilih jurusan apa nantinya. Keputusan para siswa, terkadang dipengaruhi oleh pendapat orang tua, teman atau figur-figur yang diidolakan. Dengan hanya mendasarkan pendapat tersebut dan tanpa menelaah kemampuannya seorang siswa bisa membuat keputusan yang sangat bertolak belakang dengan minat dan bakatnya. Akibat yang buruk terjadi setelah itu, yaitu keengganan belajar dan menurunnya kualitas serta prestasi akademik karena siswa merasa salah dalam memilih jurusan. Untuk mengatasi permasalahan kesalahan dalam pemilihan jurusan sekolah harus disesuaikan dengan bakat seseorang. Diharapkan dapat mempermudah usaha sesorang dalam memilih jurusan. Tes psikologi yang terkait dengan uji minat dan bakat ditawarkan. Salah satu tes psikologi yang digunakan untuk menelusuri potensi bakat siswa yaitu Tes Potensi Akademik. Metode Pengumpulan data meliputi studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan meliputi observasi dan wawancara. Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah tersebut. Data dianalisis dengan analisis data Primer dan data Sekunder. Hasil analisis data menunjukkan bahwadi instansi sekolah tersebut memang di dalam penjurusan kelas masih menggunakan hasil dari nilai rapot. Untuk mengatasi permasalahan kesalahan dalam pemilihan jurusan sekolah harus disesuaikan dengan bakat seseorang. Diharapkan dapat mempermudah usaha sesorang dalam memilih jurusan sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa tersebut

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
                Divisions: Faculty of Information Systems > Department of Information Systems
                Depositing User: Novi Oppik Budi
                Date Deposited: 28 Feb 2018 12:01
                Last Modified: 28 Feb 2018 12:01
                URI: http://eprints.sinus.ac.id/id/eprint/336

                Actions (login required)

                View Item